BEGIN CONTENT -->

KABUPATEN WONOSOBO PROVINSI JAWA TENGAH

Kecamatan SUKOHARJO, Desa PUCUNGWETAN
Berita Terkini

Pucungwetan sebagai Badan Publik Desa Terbaik Peringkat Satu Provinsi Jawa Tengah

Desa Pucungwetan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo pada Kamis 19 Desember 2019 berhasil mendapatkan Penghargaan KIP Award 2019 sebagai Badan Publik Desa Kategori Informatif Terbaik Peringkat 1 se-Jawa Tengah yang diselenggarakan Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah. Bertempat di Grand Rama Shinta, Hotel Patra Jasa Kota Semarang, turut hadir pada Malam Penganugerahan Badan Publik Tahun 2019 PJ Kepala Desa Pucungwetan Bapak Gatot Sudarto bersama Jajaran Pemerintah Desa dan Kepala Desa Pucungwetan baru Bapak Wagini yang dilantik pada tanggal 16 Desember 2019. Desa Pucungwetan memperoleh nilai tertinggi yaitu 99,72, setelah melalui 3 tahapan penilaian yaitu yang pertama tahapan penilaian melalui pengisian form SAQ oleh Badan Publik Desa, tahapan kedua penilaian melalui Presentasi Badan Publik Desa di Kantor Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah dan terakhir adalah Tahapan Visitasi oleh Tim Penilai Badan Publik Desa dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah. Keberhasilan Desa Pucungwetan memperoleh Predikat Badan Publik Terbaik Peringkat 1 Jawa Tengah tidak terlepas dari Peran PJ Kepala Desa Pucungwetan Bapak Sudarto yang membersamai Pemerintah Desa selama proses penilaian Lomba Badan Publik Desa. Disampaikan oleh Bapak Gatot Sudarto PJ Kepala Desa Pucungwetan yang membersamai Desa Pucungwetan selama 9 bulan terakhir yaitu dari 27 Maret 2019 sampai dengan 16 Desember 2019. “ Ini adalah penghargaan untuk Desa Pucungwetan yang selama ini telah menyelenggarakan Keterbukaan Informasi Publik dan persembahan untuk Kepala Desa Pucungwetan yang baru yang mudah-mudahan akan terus mengobarkan semangat keterbukaan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa untuk Desa Pucungwetan yang semakin baik dan sejahtera masyarakatnya”.

Budi Daya Salak Pondoh Desa Pucungwetan

Desa Pucungwetan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo terletak pada ketinggian sekitar 650  mdpl, sedangkan untuk topografisnya berada di sebelah barat lereng gunung sindoro dengan suhu udara 20-30 ⁰C yang terdiri dari 5 dukuh yaitu Dukuh Pandak Kidul, Dukuh Kalimangli, Dukuh Pandak Lor, Dukuh Wonosari  dan Dukuh Pucungwetan. Sebagian besar masyarakatnya adalah petani. Dari total luas wilayah sejumlah 249,5 Ha, seluas 234,34 Ha (93%) merupakan tanah pertanian yang subur dengan komoditas utama hasil pertanian yaitu buah salak yang menjadi sumber pendapatan masyarakat dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Dari wilayah yang terbagi menjadi 5 dukuh tersebut, tiap-tiap dukuh mempunyai kelompok tani yaitu kelompok tani “SIDO RAHAYU” (Dk. Pucungwetan), kelompok tani “SARI BUNGA” (Dk. Wonosari), kelompok tani “GUYUP RUKUN” (Dk. Pandak Lor), kelompok tani “SIDO MUKTI” (Dk. Pandak Kidul) dan Kelompok Tani “KOPI JAYA” (Dk. Kalimangli). Kelima kelompok tani tersebut tergabung di GAPOKTAN “TANI JAYA”. Melaui Gapoktan inilah para petani dibina dan dikawal dalam menerapkan sistem pertanian yang lebih baik, salah satunya yaitu mulai diterapkanya sistem pertanian salak organik. Secara bertahap para petani mengurangi penggunaan pupuk kimia. Melalui sistem pertanian organik ini diharapkan para petani memperoleh keuntungan yaitu biaya produksi yang lebih rendah, salak yang dihasilkan aman konsumsi serta ramah lingkungan dan yang paling utama yaitu persaingan harga dan potensi ekspor salak organik tersebut. Melalui Gabungan Kelompok Tani “TANI JAYA” inilah salak pondoh desa Pucungwetan berhasil memperoleh sertifikasi organik pada tahun 2017.

Ke depan diharapkan potensi pertanian yang sudah mampu mencukupi kebutuhan hidup masyarakat desa tersebut akan terus berkembang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dapat membawa Desa Pucungwtan ke arah kemakmuran.

 

Verifikasi Lapangan Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Kabupaten Wonosobo Tahun 2019

Verifikasi Lapangan Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Kabupaten Wonosobo di Desa Pucungwetan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 7 November 2019 di Gedung Olah Raga Desa Pucungwetan. Acara yang dimulai pada pukul 13.30 WIB tersebut dihadiri oleh Tim Penilai (dari Dinas Pendidikan dan Dinas Arpusda Kabupaten Wonosobo), Bapak Camat Sukoharjo, TP PKK Kecamatan Sukoharjo, Pemerintah Desa, TP PKK Desa, Pendamping Perpustakaan Desa dan Pengurus Perpustakaan Desa Pucungwetan. Urutan acara diawali dengan penerimaan oleh pihak desa kemudian peninjauan lapangan (verifikasi) dan penyampaian catatan tim verifikasi (evaluasi). Disampaikan oleh Tim Verifikasi dari Dinas Arpusda Kabupaten Wonosobo, Ibu Umi Kulsum yaitu bahwa maksud tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meninjau sejauh mana penyelenggaraan perpustakaan di Desa Pucungwetan. Beliau menambahkan bahwa melalui kegiatan verifikasi ini mudah-mudahan menjadi awal yang baik dalam mewujudkan masyarakat Desa Pucungwetan yang lebih cerdas melalui kegiatan gemar membaca.

Rapat Persiapan Visitasi Badan Publik Desa Tingkat Provinsi Tahun 2019

Pada hari ini Kamis, 07 November 2019 Pemerintah Desa Pucungwetan yang diwakili oleh Bapak Sudarto (Pj Kepala Desa Pucungwetan) dan Ibu Juminah (Sekretaris Desa Pucungwetan) menghadiri Rapat Persiapan Visitasi Badan Publik Desa Tingkat Provinsi Tahun 2019 di De Coffie Wonosobo Jl. Mayor Kaslam (Jalan Tengah) Wonosobo. Desa Pucungwetan lolos seleksi Badan Publik Desa setelah mengikuti seleksi administrasi dan uji publik desa melalui presentasi beberapa waktu lalu di Semarang. Dalam rapat tersebut, Kepala Bagian Pemerintahan Setda dan Kepala Bagian Bidang Komunikasi dan Informasi  Publik Diskominfo memberikan pengarahan terkait persiapan penilaian akhir melalui tahap visitasi ke desa. Selain Desa Pucungwetan tujuh desa lainnya yang hadir di rapat tersebut yang lolos seleksi Badan Publik Desa dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya Visitasi pada tanggal 12-14 November 2019 yaitu Desa Burat Kecamatan Kepil, Desa Mlandi Kecamatan Garung, Desa Gondang Kecamatan Watumalang, Desa Krinjing Kecamatan Watumalang, Desa Igirmranak Kecamatan Kejajar, Desa Winongsari Kecamatan Kaliwiro dan Desa Kalierang Kecamatan Selomerto.

 

Rapat Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Rapat Koordinasi Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Rabu, 6 November 2019 Desa Pucungwetan Menyelenggarakan Rapat Koordinasi Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Gedung Serba Guna Desa Pucungwetan. Acara tersebut dihadiri oleh BPD, Ketua RT, Ketua RW dan Pengurus Karang Taruna. Dalam sambutanya Bapak Sudarto, Pj Kepala Desa Pucungwetan menyampaikan bahwa perlunya desa memiliki data valid utamanya data yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, sehingga diharapkan bantuan dari pemerintah yang diberikan kepada masyarakat benar-benar tepat sasaran. Untuk tahapan awal Verifikasi dan Validasi, Pemerintah Desa memberikan data awal kepada seluruh RT untuk kemudian data tersebut dibahas di musyawarah dukuh, baru kemudian dibawa di musyawarah desa untuk dibahas dan disepakati bersama. Dalam kesempatan itu pula, dibahas tentang pemanfaatan dan pemeliharaan Gedung Serba Guna yang rencanaya akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Pengurus Karang Taruna.

 

 

Bimbingan Teknis Integrasi Data se-Kabupaten Wonosobo

Bimbingan Teknis Integrasi Data se-Kabupaten Wonosobo hari ini, Selasa 29 Oktober 2019 dilaksanakan di Gedung Korpri Jl. Soekarno-Hatta No.7 Wonosobo. Kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah desa dari enam Kecamatan di Kabupaten Wonosobo, yaitu dari Kec. Sukoharjo, Leksono, Kaliwiro, Selomerto, dan Kecamatan Kota Wonosobo. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Perwakilan dari Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Materi panel oleh narasumber dari Dispermadesdukcapil, BAPPEDA, Dinas Sosial, dan Disperakim Provinsi Jawa Tengah. Disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Wonosobo Bapak Tono Prihatono kegiatan hari ini dapat dimanfaatkan oleh desa untuk lebih mengoptimalkan website desa untuk mempromosikan potensi desa.

Penyusunan RKPDesa 2020

-

Pembinaan Linmas

Kegiatan Pelatihan Baris Berbaris Linmas bulan Juli 2018

Sosialisasi PAUD

Sosialisasi Perencanaan Penyelenggaraan Pos PAUD Desa Pucungwetan, Kamis 28 Desember 2017.

Kependudukan

Jenis Kelamin
Penggambaran jumlah jenis kelamin dalam suatu daerah
Kelompok Usia
Penggambaran kelompok usia dalam suatu daerah
Kepemilikan KK
Penggambaran jumlah kepemilikan KK dalam suatu daerah
Penyandang Disabilitas
Penggambaran jumlah penyandang disabilitas dalam suatu daerah

Kemiskinan

Kesejahteraan
Penggambaran Status Kesejahteraan Rumah Tangga & Individu
Status Tempat Tinggal
Penggambaran Perbandingan Tingkatan Kemiskinan dalam suatu daerah
Sumber Penerangan
Penggambaran sumber penerangan utama dalam suatu daerah
Bahan Bakar Masak
Penggambaran jumlah penggunaan bahan bakar masak dalam suatu daerah
Sumber Air Minum
Penggambaran sumber air minum utama yang digunakan masyarakat dalam suatu daerah
Fasilitas BAB
Penggambaran penggunaan fasilitas tempat buang air besar oleh masyarakat dalam suatu daerah

Keuangan

APBDes
Grafik ini menggambarkan APBDes, dengan membandingkan antara pendapatan, belanja, dan biaya
Pendapatan
Grafik ini menggambarkan Pendapatan pada APBDes, dengan membandingkan masing-masing jenisnya
Belanja
Grafik ini menggambarkan Belanja pada APBDes, dengan membandingkan masing-masing peruntukannya

Indeks Desa Membangun (IDM)

IDM
Indeks Desa Membangun dalam suatu daerah
STATUS DESA: BERKEMBANG

Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)

Total Data RTLH
Total Data Rumah Tidak Layak Huni
Total Data: 124
Intervensi: 124
SISA KOSONG
Sisa Intervensi RTLH
Sisa Intervensi Rumah Tidak Layak Huni
SISA PRIORITAS 1 KOSONG
SISA PRIORITAS 2 KOSONG
SISA PRIORITAS 3 KOSONG
Sisa Intervensi Prioritas 1
Sisa Intervensi Prioritas 1
SISA PRIORITAS 1 DESIL 1 & 2 KOSONG
SISA PRIORITAS 1 DESIL 3 & 4 KOSONG
Sisa Intervensi Prioritas 2
Sisa Intervensi Prioritas 2
SISA PRIORITAS 2 DESIL 1 & 2 KOSONG
SISA PRIORITAS 2 DESIL 3 & 4 KOSONG
Sisa Intervensi Prioritas 3
Sisa Intervensi Prioritas 3
SISA PRIORITAS 3 DESIL 1 & 2 KOSONG
SISA PRIORITAS 3 DESIL 3 & 4 KOSONG

OMSPAN

OMSPAN
Pagu, Penyaluran, Penyerapan Dana Desa